Physics Carnival 2018 Tambahkan Wawasan dan Pengetahuan Di Bidang Fisika Untuk Siswa SD, SMP, dan SMA

Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika (HIMAFI) Fakultas MIPA Universitas Jember mengadakan acara “Physics Carnival” yang diikuti oleh siswa jenjang SD, SMP, dan SMA di Eks-Karisedenan Besuki. Water Rocket Competition adalah lomba untuk jenjang SMP yang rangkaian acaranya meliputi olimpiade dan lomba rocket air. Rocket air adalah salah satu jenis roket yang menggunakan air sebagai bahan bakarnya. Wahana tekan yang berfungsi sebagai mesin roket biasanya terbuat dari botol plastik bekas minuman ringan. Air dipaksa keluar oleh udara yang bertekanan, biasanya udara yang telah terkompresi. Perlombaan roket air ini menuntut peserta untuk memahami konsep fisika dalam roket air dan peserta juga dituntut untuk membuat roket air yang mampu terbang dengan baik serta menuju sasaran dengan tepat. Sedangkan untuk jenjang SMA adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah serta untuk jenjang SD adalah Physics Competition, di dalamnyaa terdiri dari lomba eksperimen dan olimpiade yang berhubungan dengan bidang fisika.

Physics Carnival merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika (HIMAFI) Fakultas MIPA Universitas Jember. Acara Physics Carnival ini mengusung tema Explore The Physics, Explore The World yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 18 – 19 September 2018 yang bertempat di Lapangan Parkir dan di Ruang Auditorium Fisika FMIPA Universitas Jember. “Acara Physics Carnival ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan di  bidang fisika bagi siswa-siswi di semua jenjang pendidikan” ujar Rofiqoh Ulfatul Mardiyah selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika (HIMAFI) FMIPA Universitas Jember.

Bapak Supriyadi, S.Si, M.Si. selaku Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada seluruh peserta dan sekolah yang sudah ikut berpartisipasi serta berharap agar acara Physics Carnival ini dapat tetap dilaksanakan setiap tahunnya dan terus berkembang ke depannya. Sambutan Bapak Dr. Lutfi Rohman, S.Si, M.Si selaku Ketua Jurusan Fisika FMIPA Universitas Jember juga menyampaikan bahwa pelelajaran fisika itu tidak selalu mengenai materi ataupun rumus – rumus fisika saja, tetapi juga dapat sebagai game atau permainan. Salah satu permainan di bidang fisika adalah rocket air dan eksperimen yang sedang dikompetisikan oleh siswa-siswi Se-Besuki Raya ini.

 

 

Adapun hasil perlombaan acara Physics Carnival ini adalah sebagai berikut :
Jenjang SD yang terdiri dari lomba eksperimen dan olimpiade :
SD Jember Lor 3 sebagai juara 1 dan juara 2.
SD Tegalbesar 3 sebagai juara 3.
SD Muhammadiyah 1 sebagai  juara harapan 1.
SD Jember lor 3 sebagai juara harapan 2.

Jenjang SMP yang terdiri dari Water Rocket Competition :
MTS Nuris Jember sebagai juara 1.
SMP Negeri 7 Jember sebagai juara 2.
SMP Al-Furqon Jember sebagai juara 3.
SMP Al-Furqon Jember sebagai juara rocket kreatif.

Jenjang SMA yang terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah :
MA Darul Ulum Banyuwangi sebagai juara 1.
SMA Nuris Jember sebagai juara 2.
MA Ma’arif NU Kencong Jember sebagai juara 3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.