Sejarah singkat

Sejak berdirinya pada 1997, Program Studi (PS) Fisika FMIPA Universitas Jember terus berbenah diri dalam melakukan pengembangan kinerja prodi secara terencana dan berkesinambungan. Untuk mencapai visi, misi dan tujuannya, PS Fisika telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi sejak tahun 2005 dan telah direvisi pada 2011 dan 2013 agar dapat mengikuti perkembangan yang ada. Demikian juga jurusan/prodi fisika juga sedang merumuskan kurikulum baru KKNI yang menjadi bahasan kurikulum prodi fisika nasional. Dengan pengembangan kurikulum ini lulusan PS Fisika diharapkan memiliki kompetensi sesuai Visi prodi yaitu mampu: menggunakan keilmuan fisika untuk menghasilkan produk dan mengembangkan IPTEKS, berkualitas, serta mampu beradaptasi dengan lingkungan (bersaing di dunia kerja); menguasai teknologi komputer dalam bidang desain perangkat lunak dan teknologi/sistem informasi, serta sarjana fisika yang menguasai bidang elektronika dan instrumentasi dan tidak berlebihan diharapkan lulusan Fisika mampu hidup mandiri (berwirausaha). Untuk mencapai kompetensi tersebut, PS Fisika melakukan perencanaan (Renstra), monitoring dan evaluasi (menggunakan EMI evaluasi manajemen internal) dengan melibatkan seluruh civitas akademika dan sumber daya yang ada. Penyusunan EMI prodi Fisika sangat penting untuk perencanaan anggaran dan kegiatan yang prioritasnya mengacu pada tabel EMI yang telah disusun. Semua kegiatan yang direncanakan prodi akan diusulkan melalui aplikasi simangga.unej.ac.id untuk mendapatkan dana/anggaran baik melalui anggaran PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) atau BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri). Selain usulan anggaran PNBP/BOPTN PS Fisika juga memenangkan beberapa hibah kompetitif nasional seperti hibah Semi-QUE IV tahun 2002-2003 dan PHKI tahun 2009-2012 yang sangat membantu upaya pencapaian kompetensi lulusan.

Sebagai institusi resmi yang menyelenggarakan pendidikan jenjang sarjana, PS Fisika telah menjamin mutu dan kompetensi lulusan melalui status akreditasi peringkat B yang dikeluarkan oleh BAN PT (SK no 002/BAN-PT/Ak-XIV/S1/V/2011 yang dikeluarkan pada tangggal 13 Mei 2011). Sebagai upaya untuk menjaga kesinambungan jaminan lulusan melalui reakreditasi, maka PS Fisika melakukan beberapa persiapan. Program kerja PS Fisika diupayakan pada kegiatan pencapaian kualitas lulusan yang unggul melalui efisiensi, efektivitas dan kemudahan proses pembelajaran dan layanan akademik menggunakan teknologi informasi yang semua kegiatannya diupayakan terintegrasi melalui aplikasi sister.unej.ac.id secara single sign one (SSO) satu account untuk banyak keperluan. Pada aplikasi ini tersedia berbagai menu online untuk berbagai keperluan seperti e-learning, tugas akhir, perkuliahan, perwalian dan lain-lain.

Perbaikan kinerja jurusan yang merupakan bagian dari tridharma PT dilakukan secara berkesinambungan dan terencana dengan melibatkan seluruh civitas akademika. Khususnya riset dosen dan tugas akhir mahasiswa jurusan fisika (prodi) telah mewadahi dalam 5 kelompok bidang ilmu (KBI) yaitu KBI Fisika Komputasi, Fisika Material, Geofisika, Biofisika dan Elektronika-Instrumentasi.