Rifang Mahasiswa Fisika, Peraih IPK 3,83 pernah sabet Gold Medal pada i-ENVEX Malaysia

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak di FMIPA karena telah mendampingi dan membimbingi kami selama studi, termasuk berbagai kesempatan untuk mengikuti beberapa ajang perlombaan kreatifitas mahasiswa tingkat nasional dan internasional” ucap Rifang Pri Asmara peraih penghargaan mahasiswa berprestasi dengan raihan IPK 3,83 dan masa studi 3 tahun, 9 bulan, 2 hari dari Jurusan Fisika dalam acara Pelepasan Alumni di Ruang Auditorium Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Jember (28/6). Rifang juga mengajak koleganya para calon wisudawan wisudawati untuk selalu bersyukur dan menetap masa depan dengan semua yang telah diraih setelah menyelesaikan studi di FMIPA. Acara pelepasan alumni diikuti para Dekan, Wakil Dekan, para Ketua Sekretaris Progam Studi Sarjana di lingkungan FMIPA, Kabag TU FMIPA, Sub Bagian di lingkungan FMIPA dan perwakilan dari ORMAWA FMIPA. “Berorganisasi juga merupakan modal yang baik untuk kita para calon wisudawan yang akan terjun ke lapangan pekerjaan, hal sama juga bisa kita terapkan bila ingin melanjutkan studi. Pesan untuk saya dan kita semua, mari kita tetap jalin silahturahmi dengan almamater dan memberikan yang terbaik apapun kedepan yang akan kita tempuh ”pungkas peraih Gold Medal dan Special Award dalam ajang i-ENVEX di Malaysia tahun 2016 lalu.

Sebelumnya Dekan FMIPA Universitas Jember berpesan agar para alumni bersiap sambut era sekarang ini dengan kecakapan dalam bidang ilmu penting, dan akan menjadi jauh lebih baik jika alumni mampu menambahkan keunggulan softskill guna bersaing di pasar kerja. “Saya ucapkan selamat bagi calon wisudawan dan wisudawati yang esok hari akan resmi di wisuda, pada pelepasan kali ini perlu disampaikan bahwa rata-rata IPK FMIPA untuk tingkat fakultas sudah dibilang lumayan akan tetapi untuk universitas perlu ditingkatkan lagi. Untuk masa studi dari alumni bervariatif mulai dibawah dibawah 4 tahun hingga beberapa kecil diatasnya” ujar Pak Jito. Dekan juga menyampaikan bagi yang ingin lanjutkan studi tersedia beasiswa dari UNEJ untuk peraih predikat pujian berupa bebas biaya kuliah ditambah biaya hidup sebesar 6 juta rupiah per semester.

Bagi yang memiliki keinginan untuk bekerja, di era MEA selain kecakapan ilmu juga diperlukan kecapakan softskill. “Sebagai bekal untuk hidup yang lebih baik selepas kuliah adalah dengan meningkatkan softskill terutama kedisiplinan dan kejujuran” lanjutnya. Pelepasan Alumni Sarjana (S1) LXV Periode VI Tahun Akademik 2018/2019 diikuti oleh 13 orang Program Studi Sarjana Matematika, 4 orang Program Studi Sarjana Fisika, 3 orang Program Studi Sarjana Kimia, dan 3 orang Program Studi Sarjana Biologi.

(Arsip Dokumentasi)

Pada pelepasan alumni kali ini, peserta dan pimpinan fakultas didampingi Tim Paduan Suara Mahasiswa FMIPA bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne Universitas Jember. Dari UKM TITIK juga menampikan beberapa persembahan lagu dalam format unplugged dan persembahan tari khas Kabupaten Jember yakni Petik Kopi. Prosesi penyerahan alumni diberikan kepada Rendy Setiawan, S.Si., M.Si. selaku perwakilan dari Ikatan Alumni FMIPA Universitas Jember.

Di pelepasan kali ini menghadirkan Dimas Bagus Cahyaningrat W., S.Si., M.Si. alumni sarjana dan magister Matematika FMIPA yang sekarang menjadi pengajar di FKM Universitas Jember. Dimas memberikan motivasi kepada para alumni untuk selalu istiqomah dengan yang telah dicapai dan yang akan diraih esok. “Beristiqomah dengan apapun yang telah kita dapat dan juga beristiqomah dengan cita-cita, angan dan asa yang akan kita ingin raih esok. Karena ketekunan akan membawa hasil yang tidak pernah duga sebelumnya” terangnya. Esok hari Sabtu, 29 Juni 2019 calon Wisudawan Wisudawati akan mengikuti prosesi Wisuda ke Gedung Soetardjo Universitas Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.