Seminar Nasional Fisika (SENAFIS) 2015

IMG_6755

Pada tahun 2015 Jurusan Fisika FMIPA Unversitas Jember menyelenggarakan Seminar Nasional Fisika (SENAFIS) 2015 yang mampu menarik perhatian dari berbagai kalangan. Kegiatan dengan tema “Kontribusi Fisika dan IPTEK Nuklir dalam Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsatelah menghadirkan 5 Pembicara Utama (Keynote Speaker) dari berbagai institusi yaitu Prof. Dr. Zaki Su’ud, M.Eng (Institut Teknologi Bandung), Dr. Ahmad Nazrul Rosli (Universiti Sains Islam Malaysia), Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd (Universitas Sebelas Maret), Drs. Yuda C. Hariadi, M.Sc., Ph.D (Universitas Jember), dan Ir. Erlan Dewita, M.Eng (BATAN).

SENAFIS kali ini melingkupi beberapa bidang fisika yaitu Fisika Material, Fisika Komputasi dan Teori, Geofisika, Biofisika, Fisika Nuklir, Fisika Terapan, dan Pendidikan Fisika. Sebagaimana kata Dekan FMIPA, Prof. Dr. Kusno, DEA., Ph.D, “Pengembangan wawasan dan pola pikir dapat dicapai melalui pendidikan dan pertukaran informasi yang mengedepankan keterbukaan pikiran dan toleransi untuk mendapatkan ide-ide baru dan berpikir kritis”, SENAFIS 2015 diharapkan dapatmemberikan wawasan baru danmenghasilkan semangat barusebagai langkah awal perkembangan IPTEK Indonesia khususnya bidang fisika.

Meskipun Seminar Nasional Fisika merupakan kali pertama di Jurusan Fisika, namun telah berhasil diselenggarakan dengan sangat baik. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Jember, Prof. Moh. Hasan, pada Opening Ceremony yang dilaksanakan Jumat, 28 Agustus 2015 di Gedung R. Achmad Rektorat Lantai 3 Universitas Jember. Pada sesi Keynote Speaker mampu menghadirkan lebih dari 150 peserta nasional. Sesi kedua dari SENAFIS 2015, Parallel Session, yang dilaksanakan di Gedung Jurusan Fisika juga diikuti oleh puluhan Pemakalah dari kalangan akademisi, praktisi, maupun dari kalangan pendidik, khususnya Mahasiswa, Guru, dan Dosen. Kegiatan SENAFIS diakhiri pada Sabtu, 29 Agustus 2015 dengan memperkenalkan kegiatan andalan Kabupaten Jember yang telah melambung di kancah internasional yaitu Jember Fashion Carnival (JFC).