Visi dan Misi

Visi

Mewujudkan Program Studi Fisika yang mampu menghasilkan produk keilmuan Fisika yang unggul untuk mengembangkan IPTEK, lulusan yang berkualitas dan profesional yang mampu beradaptasi dengan lingkungan serta mampu bersaing dalam tataran global khususnya di Asia Tenggara

Misi

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya agar mampu melaksanakan Tridharma PT dengan baik melalui peningkatan sarana-prasarana, SDM, kualitas proses pembelajaran dan kualitas layanan akademik berbasis IT.
  2. Menggalakkan eksplorasi Fisika secara aktif melalui peningkatan riset dasar dan kemungkinan terapannya yang berorentasi pada produk penelitian dengan melibatkan kerjasama dosen-mahasiswa.
  3. Meningkatkan daya saing lulusan melalui peningkatan softskill seperti kemampuan bahasa inggris, IT dan wawasan kewirausahaan.
  4. Menghubungkan jaringan kerjasama dengan alumni, stakeholder dan lembaga lain baik PT atau non-PT, baik nasional maupun internasional.
  5. Meningkatkan daya saing prodi melalui kegiatan ilmiah seperti seminar, kuliah tamu, workshop baik berskala nasional/internasional, pertukaran mahasiswa internasional, pertukaran dosen/tenaga peneliti dengan institusi luar negri.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dibidang Fisika Material, Komputasi, Elektronika dan Instrumentasi, Biofisika dan Geofisika.
  2. Menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, mempunyai pola pikir logis-rasional, mempunyai kemampuan berkomunikasi dan leadership yang baik, dan terampil bekerja di bidangnya sehingga mampu bersaing dan bermanfaat di lingkungan kerja dimana ia berada.
  3. Mengaplikasikan bidang Fisika untuk pengembangan sains dan teknologi berwawasan lingkungan sehingga prodi mampu menjadi center of excellent.
  4. Menghasilkan produk ilmiah bermutu hasil penelitian berstandar internasional.
  5. Meningkatkan peran dan konstribusi prodi pada pembangunan nasional melalui penyelenggaraan kegiatan ilmiah seperti seminar dan workshop baik berkala nasional maupun internasional.

Sasaran (2016-2020)

  1. Meningkatkan kerjasama dengan pihak luar (terutama yang sudah ada MOU) dalam kegiatan ilmiah, diantaranya pelaksanaan pertukaran mahasiswa, pertukaran penilitian, dosen tamu, seminar bersama, publikasi bersama.
  2. mengadakan seminar internasional.
  3. Perbaikan sarana dan prasarana ruang dosen dan perkuliahan untuk menyongsong kerjasama internasional dan pembukaan prodi baru diantaranya prodi S2 Fisika yang sudah terbentuk dan telah mendapatkan SK dari DIKTI pada 2016.
  4. Pengembangan Jurusan dengan menyiapkan pembukaan prodi baru yaitu prodi S1 Fisika Medis.
  5. Perbaikan sarana dan prasarana penelitian lab, seperti yang telah dilakukan dalam program IDB untuk menyongsong kerjasama internasional.
  6. Penguatan riset antar KBI dalam 3 (tiga) tema besar yaitu Energi, Produk Pangan dan Kesehatan yang menjadi road map penelitian bersama prodi. Seperti diketahui ketersediaan energi dan pangan dan layanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan mendesak dikembangkan di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.
  7. Terlaksanakannya seminar internasional yang pertama oleh prodi Fisika berkolaborasi dengan prodi lain di FMIPA.
  8. Terlaksanakannya workshop internasional.
  9. Perbaikan ruang dosen dan karyawan untuk mengantisipasi kegiatan-kegiatan prodi-prodi baru.
  10. Pengembangan Kurikulum KBK sesuai KKNI.
  11. Pengembangan SDM melalui non-degree training dan degree training.