Wakil Fisika FMIPA Lolos ON MIPA-PT Nasional 2018

Rifang Pri Asmara mahasiswa Program Studi Fisika FMIPA Universitas Jember Angkatan 2015 dan Landep Ayuningtias Program Studi Kimia FMIPA Universitas Jember Angkatan 2015 bersama M. Ali Hasan (FKIP) menjadi Finalis di ajang ONMIPA-PT Tingkat Nasional Tahun 2018 mewakili Universitas Jember. Bersama dengan 256 mahasiswa (64 mahasiswa per bidang) akan mengikuti seleksi ONMIPA-PT Tingkat Nasional Tahun 2018 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 4-7 Mei 2018 mendatang. Mereka sebelumnya telah lolos dalam pelaksanaan ONMIPA-PT Tingkat Wilayah I-XIV (14 Kopertis wilayah/regional) yang diadakan serentak di 17 (tujuh belas) kota/kabupaten pada tanggal 21-22 Maret 2018 yang lalu. TimONMIPA-PT Universitas Jember yang masuk pada Kopertis Wilayah VII Jawa Timur dilaksanakan di Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya. Pada seleksi wilayah ini diikuti sebanyak 588 mahasiswa dari Perguruan Tinggi seluruh Jawa Timur, yang terdiri dari 40 Perguruan Tinggi Swasta dan 7 Perguruan Tinggi Negeri. Bidang Matematika menduduki peringkat pertama jumlah peserta total 221 peserta, kemudian bidang Biologi 155 peserta, bidang Kimia 119 peserta dan bidang Fisika 93 peserta.

Sebelumnya sebanyak 68 mahasiswa mengikuti rangkaian seleksi ONMIPA Tingkat Universitas Jember yang dilaksanakan dari tanggal 23 – 28 Pebruari 2018 di Gedung CDAST Universitas Jember. Dari seleksi ini terpilih 28 mahasiswa yang kemudian menjadi Tim ONMIPA-PT Universitas Jember. Tim ONMIPA-PT Universitas Jember juga diberikan Intensive Camp selama satu minggu dari tanggal 10 – 16 Maret 2018 di Villa Kebun Rayap Rembangan Jember. Pada kegiatan intensive camp ini para mahasiswa Tim ON MIPA PT Universitas Jember mendapatkan pendalaman materi, pembinaan dan motivasi dari pembimbing yang sangat berkompeten di bidangnya.

FMIPA Universitas Jember jauh sebelumnya telah mempersiapkan mahasiswanya untuk mengikuti agenda tahunan ONMIPA-PT. Melalui serangkaian pemantapan materi dan program pembimbingan intensif dari tenaga pengajar yang ditunjuk pada setiap Program Studidi FMIPA. Hal tersebut dilakukan untuk melanjutkan tradisi mewakilkan mahasiswa FMIPA di tingkat nasional dengan tentunya meraih medali seperi tahun-tahun sebelumnya. Dalam 5 tahun terakhir, mahasiswa FMIPA mampu meraih medali diantaranya: Wawan Badrianto (Program Studi Kimia) meraih medali Perak Tahun 2013, Mohammad Rosyadi Adnan (Program Studi Biologi) meraih medali Perak Tahun 2014 dan Fatoni Firmansyah (Program Studi Fisika) meraih Juara Harapan ONMIPA -PT pada tahun 2017. Pada Tahun 2018, diharapkan melalui 2 wakilnya, mahasiswa FMIPA Universitas Jember bisa meraih kembali medali untuk melanjutkan tradisi yaitu tradition of excellence. (foto: dokumentasi Landep Ayuningtias)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *